Karakter Blog

logo sekolah alam futuristikKadang, keterbatasan waktu dan mungkin jaga dana, membuat pembelajaran e-learning, menjadi 'melangkah perlahan'. Intensitas akses internet begitu di-'efektifkan', karena memang tarif pulsa yang masih tinggi di negeri ini. Karena itu, blog sekolah alam ini berusaha untuk memiliki karakter tersendiri, alias (semoga) punya cita rasa yang sedikit berbeda dari blog pendidikan/sekolah yang sudah ada.

Setelah merenung cukup lama, akhirnya diputuskan, bahwa blog ini akan banyak mempersembahkan pemikiran/filosofi pendidikan. Aktifitas kegiatan pembelajaran riil sehari-hari, tidak akan ditulis panjang lebar, melainkan diwakili oleh foto/image. Harapannya, semoga users tidak lelah membacanya, dan punya kenangan kuat keatasnya. Semua ide dan posting dibuat ringkas, simplycity, dan orisinil kecuali artikel/opini pendidikan yang memang sulit untuk dipersingkat, dan beberapa dikutip dari pakar pendidikan.

Yup! Pemikiran, dan bukan teori. Karena, memang sebuah tindakan selalu bermula dari pemikiran. Pembelajaran pun berangkat dari sini. Pemikiran yang salah akan berbuntut pada kesalahan tindakan. Pemikiran yang bijaksana membuka peluang hasilnya 'benar' atau sederhananya, lebih sedikit salahnya.

Dan semua posting dan pendapat di blog ini, adalah bukan sikap resmi dari Sekolah Alam Ar-Ridho, karena blog ini bukanlah sebuah website official. Ia ‘cuma’ menjadi (harapannya) wahana belajar e-learning, yang tidak hanya bisa dinikmati oleh civitas akademika SAA (ortu, guru yayasan, murid) saja melainkan juga bisa diakses oleh semua khalayak pemeduli dan pemerhati pendidikan.

Keluhan, kritik, dan saran, dapat dikirim ke admin blog ini : Doni Riadi

Moga berkenan…

12 comments on “Karakter Blog

  1. Assalamu’laikum
    saya mahasiswa IAIN Walisongo semarang jurusan tadris fisika semester 7. saya bermaksud untuk melakukan penelitian tentang sekolah alam yang kaitannya dengan mata pelajaran fisika.
    apakah selama ini dah ada yang melakukan penelitian di sekolah alam arridho?
    saya mohon pengarahannya.
    Jazakallah khoiron katsir
    Wassalamuailaikum

    wa’alaikumsalam mba anis,
    dengan senang hati kami menyambut anda.
    untuk tindaklanjut coba hubungi pak sigit (kepsek SMP) untuk info lebih lanjut di 024-70374878.
    sbelumnya sudah banyak penelitian disini, termasuk dari temen2 IAIN, namun dng subyek yang berbeda-beda, khususnya di jenjang SD.

  2. assalamu’alaikum…
    saya uthe mahasiswa UNJ jurusan kimia. bisa tidak ya, penelitian di sekolah alam Ar-Ridho? saya kesulitan mencari sekolah alam yang ada SMPnya nih…

    saya tertarik dengan dunia sekolah alam. saya sudah mencoba merancang proposal penelitian untuk skripsi, tapi ternyata di Jakarta tidak memungkinkan melakukan penelitian.

    saya tunggu jawabannya ya pak…

    terima kasih…

    wassalamu’alaikum…

  3. Ass.Saya tertarik dengan sekolah alam dan akan mengadakan penelitian tesis tentang manajemen pembelajaran outbond anak usia dini, tapi masih kesulitan mendapatkan referensi yang relevan mengenai landasan konseptual, prinsip, aspek kecerdasan anak usia dini yang dikembangkan melalui outbond. Barangkali para pembina dan pendidik sekolah alam maupun teman-teman yang lain bisa membantu memberikan referensi yang saya butuhkan. Atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih

    • wa’alaikumsalam,
      outbound dan outing juga maksudnya yah…
      diperpust sepertinya ada bebrapa buku ttg outbound, yang ditulis oleh pak Yudha, guru Sekolah Alam Ciganjur..terbitan kelompok Agromedia…tapi aku lupa judulnya. bentar deh kucarikan dulu yah….
      –pakdoni–

  4. assalamualaikum. wr.wb.
    saya Luthfi abid mahasiswa IAIN Walisongo Prodi PAI.
    Dari uraian di atas, saya sangat apresiasi terhadap sekolah alam ar-Ridho, meskipun belum pernah melihat langsung dan kesana. Metode sekolah alam mencerminkan bakat dan minat siswa dalam perkembanganya. Ini mengindikasikan bahawa prosen kecerdasan anak tidak hanya seputar teori di kelas saja tapi lebih juga belajar di alam. nah, terkait dengan ini, saya mengadakan penelitian Pendidikan Karakter dalam metode pembelajaran siswa. Saya mohon kepada pihak sekolah sudilah kiranya membantu, apakah di sekolah alam Ar-Ridho ada pendidikan karakter. terima kasih.
    wassalam. wr.wb.

  5. wa’alikumsalam, utfi abid..

    secara spesifik, pendidikan karakter belum ada, karena masih level pendidikan dasar. jadi, secara general, karakter/akhlak karimah yg hendak dibangun sbg pondasi mereka di jenajng berikutnya.
    silahkan datang saja ke sekolah, dan menemui Bu Tri Windarti (Kepsek SD) untuk share awal dan jika ingin menindaklanjutinya. terima ksih

  6. sya Nurali Muflikin, mahasiswa Unissula FAI Tarbiyah. sya tertarik dengan pembelajaran PAi di sekolah alam ar Ridho.

  7. Selamat atas terwujudnya bangunan baru gedung untuk SMP Alam Ar Ridho di Rejosari. Semoga semakin rejo dan semarak ramaikan dunia pendidikan berkarakter di Semarang.

  8. Assalamu:alaikum Arridho.
    Pak Doni, SA Arridho semakin maju saja. Pak, kami di cepu juga berencana mendirikan sekolah alam. Minta no HP Pak Doni Bisa? Nanti bisa di sms ke no hp ane 081329698030. ( P Yatno/Bu Puji Cepu Blora) jazakallah pak Doni. Wss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s