Lele, Timbangan, dan Matematika

Panen Lele dan belajar Menimbang

“Pak, 2 kilo, pak”, kata Nadha.
“Ha? Masa sih? Berat amat?” jawab seorang guru.

Dialog pendek itu mengawali sebuah diskusi praktis cara mengetahui berat sebuah benda. Ternyata, setelah dicek, berat lele itu sekitar 1000 gram alias 1 kg. Tanpa banyak berteori, guru langsung memperlihatkan kepada siswa bagaimana cara kerja sebuah timbangan. Terutama, soal akurat dan presisi hasil menimbang. Juga, bagaimana fungsi timbangan itu telah menyelamatkan para penggunanya, semisal para pedagang. Salah menimbang, salah pula nilai transaksi. Merugi dong. ^_^

Tapi tunggu… lele itu darimana? beli?
Bukan! Itu lele peliharaan anak-anak sendiri. Di lantai bawah gedung sekolah SMP yang berlantai dua, ada kolam yang diisi ikan lele. Dan, hari itu lele yang tertangkap… wow..’guedhe’. ..satu lele itu bobotnya sama dengan 4-5 ekor lele yang dijual dipasar. Lihat, kepalanya aja ‘gedhe’ banget.

Hari itu, sang pembeli yang beruntung adalah Bu Ninik, orang tua siswa. Hihi… makannnya gimana ya?
Btw, sampai hari ini, masih ada beberapa ekor lele, dan tentu saja gedhe-gedhe, di kolam bawah gedung sekolah alam. Mau? Mampir ajah kemari…

7 comments on “Lele, Timbangan, dan Matematika

  1. wuah… ternak lelenya bisa dikembangkan untuk kegiatan ekskul dong, disamping dapat menambah dana (kas kelas mungkin?) juga bisa tambah gizi anak². ayo gemar makan ikan……..
    mungkin akan lebih menarik minat anak², jika ada kegiatan ekskul yang memberikan manfaat secara langsung (hanya hipotesa saja, masih butuh pembuktian).

  2. senang bisa berkunjung ke sekolah alam ar ridho walau via dunia maya,saya Humas TK Alam Surya Mentari Solo,jika berkenan saya ingin berkenalan dengan PR/humas khususnya TK.terimakasih.wass

  3. wah jadi inget ‘the big lele’,qta yg dirumah bu ninik gak berani makan kepala lele.langsung dibuang, coz guedhe dan menakutkan. cemangat ya ternaknya

  4. salam, bu shary…pa kabar kalimantan?
    hehehe….jadi gitu tah, ga ada yang berani makan kepalanya ya? ^_^

    btw, crita-crita dong ttg kondisi borneo sana, entar kita masukin di blog ini…oke?

    met ramadhan ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s