OPINI SISWA : Making Our School To be Better

Adalah jamak bila guru atau orang tua bersuara atau berpendapat. Namun tidak banyak sekolah yang memberi atensi besar, membuka telinga lebar-lebar, terhadap pendapat yang berasal dari para siswa.

Senin kemarin (28/05), pembangunan kultur mendengarkan pendapat nampak sedang dilakukan di kelas 7. “Menggali suara mereka sekalian belajar menulis opini,” kata seorang guru menjelaskan. Mereka diberi pengantar sebelumnya, bahwa kemajuan sekolah, tidak semata-mata bertumpu pada guru dan yayasan, tetapi juga andil para murid.

Berikut ini adalah selintas jawabannya, saat ditanya apa pendapat/opini mereka agar sekolah alam menjadi jauh lebih baik ?

NISA :

Nisa“Sebagai seorang murid SMP Alam, kami sich patut bangga kali ya… Soalnya, sekolah ini tuh unik. Dari kelasnya yang bentuknya segi enam, ber-AC (maksudnya Angin Cepoi-cepoi) yang masuk lewat jendela tanpa kaca, dan banyak lagi deh yang unik-unik. Udah deh ya…mujinya…

Sekarang kembali ke ……. masukan/usulan.

Sebenernya usulku sich nga’ yang aneh-aneh banget dan nggak sulit sich. Yang pertama, aku usulin untuk dibuatin tempat madingnya aja, yang pake kaca ama kayu gitu dech. Trus kita harus punya lemari yang dimana isinya itu serba alat, barang untuk berkreasi. Jadi kan, gak perlu nyari’ barang bekas yang pastinya penuh kuman.

Usul lagi! Jendelanya. Jangan terlalu terbuka gitu, mungkin kasih sekat-sekat biar kalo kita tinggal kita nggak khawatir kalo ada yang ilang. Lagi, tempat sampah harus ada dimana-mana, biar anak cowo’ gampang buang sampahnya. Biar kita anak-anak cewe’ yang rajin banget piket gak kecapean dan kebanyakan buang sampahnya.”

SIDIQ :

sidiqSekolah menyiapkan papan pengumuman dan memilih murid untuk mengisi papan pengumuman. Sekolah juga membuat kolam Lumpur untuk tempat permanan tali”

ERI

eriSebenarnya aku tertariknya ke Outbound. Khan bisa melatih keberanian kita, semngat, kebersamaan, seru deh pokoknya… aku senang belajar di sini, soalnya pelajarannya gampang masuk di otak, bertanya pun aktif. Jadi , nggak ada yang malu tanya kalo memang belum jelas.

Gemana ya ? …kalo dari bawah menuju ke kelas yang di atas pake lift. Wow ! pasti nggak capek.. ga..ga , becanda…

Iya! Aku pengen di toilet ada cerminnya, soalnya kalo penampilan kita ga’ beres khan kita bisa merapikannya, iya nggak…?

Oh ya,… di lantai itu, sering banyak paku yang keluar-keluar akbiatnya…kaos kaki jadi… bolong karena kena paku! Trus, aku pengen kalo pak tukang maku harus yang bener, OK!

IBROHIM :

ibrohimAgar SMP Alam lebih keren, cool, terkenal, dan dikenal SMP paling baik di Semarang maupun Jawa, sekolah harus diberi outbound yang mengasyikkan dan membuat orang yang mencoba ketagihan dan ingin mencoba lagi. Dan SMP Alam setiap ruangan dan kelas minimal dipenuhi display yang dibuat dari kreativitas murid-murid dan guru. Bila ada ekskul lebih mengasyikkan dan lebih komplit. Ada sepak bola, jurnalistik, bela diri, dan komputer, dan pramuka (kepandua).

Lapangannya dibagusin dikit. Setiap lahan dan jalan setapak diberi pohon dan ada kolam alami biar tidak gersang. Setiap ekskul diberi baju khusus dari Sekolah Alam. Pake-nya baju bebas aja, agar murid yang tidak mampu tidak terancam. Kenapa… karena kalo pake baju bebas bisa jadi lebih leluasa.”

SITI NUR AZIZAH :

sitiUsulanku tentang kelas ini yach… menurut aku kelasnya jangan terlalu terbuka yach… soalnya khan kalau kelasnya terbuka banget, khan bis- bisa ada orang sembarangan masuk ke kelas ini. Sebaiknya, pintu kelas 7 seharusnya ada kuncinya. Jadi kalo kita olahraga ato sholat, uang kita nggak hilang. Soalnya kemarin-kemarin itu, uangku, uangnya Nisa, Eni, Yaya, Ayu pernah hilang. Padahal di taruh di tas.

Seharusnya tuch ya… anak laki-laki dan anak-anak perrempuan itu lebih kompak. Trus, sering-sering donk kita belajar di luar karena kita butuh suasana yang enak. Trus, seharusnya sekolah ini mengadakan kerja bakti 1 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Supaya sekolah kita lebih bersih.”

 

AYU :

ayuKenapa sepatunya harus di lepas waktu dikelas? Kalo dilepaskan kaos kaki bisa bolong dan kotor. Jadi sepatu dipakai aja. Kenapa pula kelas SMP bersebelahan dengan Kelas 6 SD ? Menurutku, kelas SMP itu sendiri dan SD juga sendiri donk…

Untuk guru. Guru itu yang mengajar kita di sekolah dan mendidik kita agar menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa. Guru Sekolah Alam Ar-Ridho kurang tega dalam menghadapi muridnya. Biar muridnya tidak berani sama guru”

 

DIAN :

dianMenjadikan para siswa untuk lebih disiplin. Jika siswa masih tidak disiplin, wajib bagi wali kelas untuk bertindak lebih tegas pada siswa, sampai siswa itu menerima peraturan yang telah dijanjikan oleh siswa lain.

Menjadikan siswa untuk lebih memahami situasi, misalnya ketika akan menghadapi ujian, siswa wajib berpikir lebih dewasa, tanpa harus wali murid atau wali kelas menyuruhnya untuk belajar. Dan atau ketika sedang membutuhkan peralatan kelas, wajib bagi para siswa untuk mengumpulkan dana. Misalnya, menyuruh siswa untuk menyisihkan uang jajan untuk penyuluhan dana.

 

ENI “

eni“Pendapat saya pak, sebaiknya toiletnya harus dikasih nama. Kalo nggak diberi nama nanti pada masuk toilet sembarangan. Misalnya, toilet perempuan, kadang-kadang anak laki-laki masuk toilet perempuan. Jadi toiletnya bau dan tidak terjaga. Saya mohon, toiletnya dikasih pewangi kamar mandi.”

YAYA :

yaya“Sebagai murid SA Ar-Ridho, aku ingin membuat my school ini menjadi sekolah yang gaul, keren, dan pokoknya Islamnya muasih donk (pastinya). Supaya nggak ketinggalan sama sekolah lain, kita bisa merubah gaya seragam biasa menjadi batik atau yang lainnya. Kalo perlu nggak usah ada baju bebas. Jadi selama kita sekolah, kita pake seragam terus, dan karena kadang kita pake baju bebas bagaimana kalo kita rubah menjadi baju batik yang oke…!

Dan juga bila ruang sekolah kita ditambah dengan ruang aula, jadi kita nggak ketinggalan sama SD yang ada dekat rumahku. Supaya bila kita olga, kita ngga bingung. Namun bila kita nggak punya ruang aula, trus olga di lapangan kalo hujan becek, jadi nggak usah bingung khan ! kita bisa olga di ruang aula dengan asyik, dan juga sebagai tempat nongkrong yang oce…!”

 

DITA :

ditaAgar sekolah alam bisa keren, gembira… Pak Kepala Sekolah, SMP tidak punya kebun peternakan perikanan. Karena enak, apa pak Kepala Seklah bisa bikin secara cepat seperti di Griyo Kulo itu.

Tentang alam sekitar di Sekolah Alam Ar-Ridho, tidak ada alam karena tidak melestarikan tumbuhan. Dan olahraga diperbanyak seperti arung jeram di kali batu, panjat tebing bisa jadi pecinta alam seperti di Griyo Kulo, bisa menerangkan isi kebun sekolah alam.

Kalo gitu, kamar mandinya dibuat alami, tempat air dari batu diukir dindingnya pake batu.

Jangan menebang pohon sembarangan, mengakibatkan banjir karena pohon itu tidak salah, yang salah penebang liar tidak mempunyai izin dari pemerintah. Ingat, dari Sekolah Alam Ar-Ridho Semarang.”

Itulah sekelumit cara berpikir para siswa untuk memajukan siswanya. Mulai dari hal yang ‘sepele’ sampai yang rumit. Ada juga mungkin yang saling bertolak belakang. Tapi, nampaknya banyak yang postif dan perlu ditindaklanjuti, atau minimal di tanggapi oleh pihak sekolah dan yayasan.

Seperti apa kira-kira tanggapannya ? kita nantikan saja di postingan beberapa hari mendatang …

3 comments on “OPINI SISWA : Making Our School To be Better

  1. subhanalloh…………..
    mereka sudah berani berkomentar
    (apapun yang dikatakan anak2 kita adalah baik)

    Kapan bapak dan ibu gurunya???????????

  2. Subhanallah, Luar biasa….. cermin dari sebuah kekuatan dan keinginan yang tulus dari para siswa.
    Saya setuju dengan pak Imam, kapan bapak dan ibu gurunya berani memberikan komentar atas “sekolah-nya”, setidak untuk senantiasa menuju perbaikan. Supaya kita tidak terburu-buru merasa besar dan sukses.

  3. buat pak imam;
    kita, guru dah sering komentar lho pak. cuman kok belum pernah nongol di sini ya…
    opini dari anak-anak memang menggoda dan menantang untuk ditindaklanjuti…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s