From Zero to Hero to Zero Again

 Neno Warisman di Sekolah Alam Ar-Ridho

Backdrop dan Banner Sponsor Berbagi Cerita Bersama Bunda Neno“Prinsip hidup yang luar biasa. Sebab biasanya yang ada adalah “From Zero to hero”. Tetapi bunda kita ini meneruskannya menjadi “to zero again”. Sangat rendah hati. Sebab, itu berarti setelah diri kita menjadi hebat, kita lalu menjadi nol lagi, sebagai tanda ketidakberdayaan seorang hamba Allah” papar Budi Maryono, sang Backdrop in the nightmoderator, saat mengomentari prinsip hidup dalam curriculum vitae Neno Warisman.

Ahad lalu (8/4), Neno Warisman, atau yang akrab dipanggil Bunda Neno ini, menyempatkan diri hadir di Sekolah Alam. Didampingi oleh manajernya Bu Rahmah, Bunda Neno berdialog dan berbagi pengalaman dihadapan lima ratusan audiens yang dengan setia mencerna kata demi kata dari aktivis pendidikan anak ini.

Tampil energik selama lebih dari dua jam, Bunda Neno mengingatkan pada orang tua untuk lebih dalam mengenal anak-anaknya, termasuk potensi yang dimilikinya. Sebab, selain guru, orang tua adalah faktor terbesar yang membuat potensi anak tumbuh dan menjadi besar atau justru hancur sama sekali. Beliau mencontohkan bagaimana sifat dasar anak yang selalu ingin tahu (eksploratif), misalnya terhadap derai air hujan, malah mengundang amarah dari orang tua. Sebab orang tua hanya melihat dari sudut pandangnya yaitu basah, bikin kotor, dan merepotkan. Padahal anak sedang menggunakan segenap inderanya menjadikan hujan sebagai salah satu pengalaman belajar. Di lain kesempatan, anak yang banyak tanya disebut cerewet, sementara yang pendiam disebut lembek

Sekolah, nampaknya ‘berhutang’ ke Pak Budi Maryono, bapaknya Biru yang dimintai tolong jadi moderator, dan kesehariannya adalah wartawan Suara Merdeka. Sebab dengan kelincahan beliau, acaranya menjadi gayeng dan tak membosankan. Bahkan Bunda Neno sempat mengatakan bahwa moderator hari itu adalah terbaik yang pernah beliau temui.

Akhir diskusi adalah saat yang paling mengharukan bagi sebagian besar audiens. Sebab Bunda Neno dengan sepenuh jiwa membaca bait demi bait puisi yang ditulis oleh Anissa Zahwa Islam, murid kelas 6 SD Sekolah Alam. Beliau membacakan 3 puisi pilihan dari buku Antologi Puisi Zahwa yang berjudul Saung Sekolah Alam. Ketiga puisi itu yang dibacakan adalah : Papaku, Saung Sekolah Alam, dan Fotosintesis. Meski belum pernah berjumpa apalagi latihan, cara membaca puisi Bunda Neno nampak sangat rancak (pas) dengan alunan piano yang dimainkan oleh Pak Hengki, ayahnya Heidi (kelas 4). It’s amazing !

Pada kesempatan itu pula, Bunda Neno sempat memilih salah satu dari tiga finalis lomba Puisi on the Spot sebagai pembaca puisi terbaik. Yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba-lomba lainnya oleh Pak Djarot (Utusan Diknas), Ust. Nurul (Ketua Yayasan) dan Pak Ahmad (Ketua Panitia).

Dan subhanallah, sore beliau masih di bandara Ahmad Yani Semarang, maghribnya beliau ternyata sudah harus berada di studio salah satu stasiun TV karena harus menjadi Juri di ajang Pemilihan Da’i Cilik.

Semoga semangatnya untuk berbagi ilmu, jauh-jauh bertandang ke Sekolah Alam dari Jakarta, disela-sela kesibukannya yang luar biasa, mampu menjadi inspirasi bagi para guru, dan orang tua untuk mempersembahkan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak Khususnya mengenalkan mereka kepada Allah, tidak sekedar mengejar kecerdasan semata. Persis seperti judul di atas, from zero to hero, to zero again…

(dalam foto di atas nampak Bunda Neno dan Budi Maryono dilatar belakang. Foto kedua adalah backdrop utama dengan dua banner pendukung : PT. Erela dan Pengembang Perumahan Bukit Kencana Jaya. Foto ketiga adalah panggung kala malam saat panitia lembur mendekorasi with our own hand)

Link Terkait : Neno Melepas Nafas Panjang

By sekolahalamarridho Posted in Moment

4 comments on “From Zero to Hero to Zero Again

  1. aslmkm, boleh minta no telp bunda neno yg baru karna saya mencoba telepon dari nomor yg d atas tidak d angkat2 mohon bantuannya karna saya ingin mengundang acara kantor, terima kasih

  2. alhamdulillah, setiap kita selalu belajar untuk terus men ZERO kan diri setiap hari agar bisa jadi HERO di masa nanti…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s