Makna Hari raya

Makna Hari raya

“Putri, lebaran itu apa sih, apa artinya bagimu ?”, tanya seorang guru kepada Restu Hanesti Putri (Kelas 5 SD). Sejenak Putri diam, sejenak kemudian ia hendak menjawab. “Stop! Jawabannya lewat gambar aja ya…nggak perlu diomongkan lisan.” ujar guru itu lagi.

Satu jam kemudian, jadilah sebuah gambar Paint karya Putri. Isinya bercerita tentang arti hari lebaran/hari raya versi anak-anak.

Melalui gambar itu, Putri hendak berkata bahwa lebaran adalah moment untuk saling berbagi hadiah. Tahaddu tahabbu kata Rasul, saling memberi maka akan saling mencintai. Yang mampu, memberi kepada yang kurang mampu. Seperti parcel yang lebih tepat diberikan kepada tukang sapu, satpam, sopir, dan segenap masyarakat grass root.

Juga moment untuk bermaaf-maafan, khususnya pada ayah dan bunda, dua sosok terdekat yang mungkin paling banyak kita salahi dan dholimi. Lebaran adalah saatnya bersimpuh memohon ampun, meski ampunan itu sebenarnya selalu ada di sepanjang hari, tak harus menunggu Idul fitri. Namun, bersimpuh saat lebaran itu mengekalkan hakiki kembalinya manusia ke kesucian, ke fitri….

One comment on “Makna Hari raya

  1. Wah, gambarnya bagus ya🙂 ,apa ini putri sendiri yg buat, dibantuin sama mama papa nggak ?🙂

    hihi..orang papa sama mamanya ga bisa paint…^_^ tapi kata mamnya putri, putri dapet genetik seni dari papanya… kemampuan anak-anak kadang diluar dugaan kita, iya kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s