Kartun dan Dunia Anak-anak

Kartun sebagai alat belajar bahasa
Dunia anak-anak penuh dengan imajinasi dan kreasi. Itulah sebabnya, sebagian besar  mereka menyukai gambar, sketsa, kartun atau komik. Di tangan orang bijak, kartun/komik adalah alat yang menyenangkan untuk belajar. Belajar apa saja. Belajar matematika, doa, sikap, dan juga bahasa.

Kartun ini adalah alat belajar bahasa Inggris. Sekedar untuk menjelaskan to be, seorang guru mau bersusah-susah untuk menggambar coretan-coretan dalam bentuk kartun. Anak-anak menyukainya dan mereka memahaminya, lekat di kepala.

About these ads

60 comments on “Kartun dan Dunia Anak-anak

  1. as. learning by doing merupakan cara pendekatan belajar kepada anak yang cukup efektif.klo ada follow up terbimbingnya akan lebih bagus lho. misalnya di kegiatan ekstra perlu pengasahan bakat seni. slm sukses.ws

  2. Subhanallah, blognya bagus banget, tapi kalo boleh buat site sendiri aja. Kan banyak host gratisan, dan bisa gunakan domain .tk gratis kok. yah selamat berjuang dan salam buat akh wahyudi ma nurkhin, hehe
    dan kalo mungkin tk kami juga mo belajar ke arridho (tapi mikir dana juga, hehe

  3. Saya sependapat dengan alat peraga tersebut yang menjadikan anak lebih cepat memahaminya. Saya ada usul bagaimana kalau SA Ar Ridho mengadakan program study unggulan bahasa Inggris, sehingga muridnya (lulusan SA Ar Ridho) mempunyai nilai plus, plus, plus.

  4. Saya seorang ayah yang mempunyai seorang putra bernama M.Khaidir Rahmatullah berumur lebih kurang tiga tahun saya melihat perkembangan anak saya mulai dari bayi dan saat ini saya melihat daya ingat apa yang dilihatnya dari gambar kartoon sangat melekat terutama DORA, DEIGO, MIEKY, SPOMBOB, sehinga ketika melihat poster-poster baik didinding maupun di kaos-kaos ia sering mengatakan : ” ayah dora ya,…ayah Diego yaaa…dsb sehingga penampilan diego/dorapun terbawa ia karena saat bermain dan jalan-jalan ia senantiasa membawa ransel seperti layaknya dora/diego begitu juga percakapan dora/diego sering diikutinya seperti :…..apa ini sudah cukup cukup…. coba bilang….dll ?
    jadi saya melihat hendaklah ada para karikatur Indonesia yang senantiasa membuat karya-karya cerita kartun yang sipatnya mendidikan agar dapat diwarnai oleh generasi penerus kita….
    dulu saya waktu kecil sangat suka melihat kartun : Si huma tapai kartoon itu tidak ada lagi
    jika tidak ada film kartun di TV pinomat poster-poster dan kaos-kaos bermotifkan karikatur Indonesia banyak yang dapat dijadikan figur karikatur seperti : Pangeran diponegoro, cut nyak dien
    bukan hanya Speidirman, cat women saja yang diketahui anak kita…

    wassalam
    M.Nurdin
    Email: akr_6675@Yahoo.or.id

  5. boleh kah aku tahu apa kah motivasi dalam membuat kartoon tersebut
    terus bagai manakah cara kita untuk bisa dekat sama para pencinta komik itu, terus apa solusinya supaya aku bisa membuat seperti komik itu
    soalnya jarang sekali komik yang mengajarkan kita untuk belajar
    dalam hal pendidikan

  6. motivasinya, mendekat ke anak-anak dan berpikir dari kerangka berpikir mereka. kartun salah satu dunia anak-anak, sebab ia membuka peluang imajinasi, seperti yang ada dikepala anak-anak yang penuh imajinasi.

    membuat komik ?
    hehe…bagaimana ya…, ya mulai dengan menggores-gores di atas kertas kali ya…. kemudian kita bisa join dengan komunitas pembuat komik bila ada atau belajar dari bukutips membuat komik yang banyak dijual di toko buku.

    yang terpenting adalah, spiritnya memanfaatkan kartun sebagai media untuk belajar.

  7. Dear all,
    Dengan gambar kartun anak – anak dapat termotivasi untuk belajar, banyak hal yang dapat dilakukan anak dengan gambar katun. selain itu saya sangat senang degan menggambr apalagi ang berkaitan dengan katun,saya ingin menjadi katunis tapi banyak hambatan yang saya alami.

  8. kecepatan pola pikir anak dalam menerima suatu rangsangan lebih cepat bila menggunakan suatu media dari pada hanya ilustrasi semata. dengan melihat suatu gambar ataupun benda asli anak tidak akan lupa dan selalu tersimpan dalam otaknya.

  9. Assalamu’alaikum, salam kenal.subhanallah gambarnya bagus sekali.bagi pengetahuan tentang mendidik anak dong, ato info yang bermanfaat lainnya.jazakillah

  10. ADUH…..DENGAN ADANYA INI ADIK – ADIK SAYA SUKA SEKALI MEMBACA BUKU DAN BAHKAN MENGAMBARPUN IA TEKUNI…TYERIMA KASIH KARENA TELAH ADANYA INI,SAYA BERHARAP SEMOGA ANAK – ANAK DI INDONESIA MENYUKAI MEMBACA,AGAR DAPAT MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA DI INDONESIA.MAJU TERUS UNTUK INDONESIA…MERDEKA!!!!!!!!

  11. Assslamu’alaikum wr.wb
    Salam dari kami, program ini sangat baik sekali dan juga sangat menarik serta mendidik anak-anak untuk lebih baik dan juga bisa mempunyai prestasi, tak kalah pentingnya yaitu menjadikan putra putri kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah itulah yang paling penting, tak kalah pentingnya juga mereka dapat bermain dengan penuh keceriaan.
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  12. saya punya anak perempuan umurnya 2 tahun pada bulan juni tgl 28, kenapa ya orang tua sering tidak sabar dalam membimbing anaknya yang lagi berkembang, bisa beri solusinya ? saya sangat senang apabila ada buku atau film yang dapat membantu mengembangkan imajinasi anak saya.

  13. Assalamualaikum..saya ana ibu dari naurah nafiisah 2 thn.alhamdulillah film anak2 sekarang sudah banyak positifnya..dimana filmnya juga bisa sekalian mengajar anak dan menstimulus otak mereka dengan melihat dan mendengar.selama kita sebagai orangtuanya tentu bisa mengawasi apa yang sedang ditonton anak kita..alhamdulillah anak saya sudah bisa menghitung 1-10 baik dengan bhs indonesia or english..naurah suka nonton dora..or barney..disitu banyak pelajarannya..trus tentang agama saya selalu mengajak naurah untuk sholat bersama.sehabis itu saya mengajarkan membaca huruf hijayyah..

  14. Assalamualaikum….saya gunarti ibu dari adzra,keyne,dan aysel. Anak2 sy msh balita bagaimana cr mengajarkan mrk bcdan tulis Al Quran ya…tetapi sejauh ini mrk sudah byk hafal doa sehari-hari dan suratan pendek

  15. WAHHHHHHH……………….BAGUSNYA GAMBARNYA LUCU-LUCU YA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!AKU SUKA GAMBARNYYYYYYYYYYA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  16. :) ) semoga apa yang kita harapkan akan banyak membawa banyak manfaat. dan saling berbagi adalah kergiatan yang paling indah.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s