Gila Baca Sejak Dini

Baca Buku

Kemampuan seorang anak untuk belajar sungguh mengagumkan. Lima puluh persen kemampuan itu bahkan diperolehnya saat ia berusia 0-4 tahun. Karenanya, masa itu oleh sebagian orang disebut sebagai Golden Age.

Membaca adalah salah satu dari banyak cara anak-anak itu belajar. Pada masa ini, mereka punya gaya membaca yang khas, yaitu membaca imagi. Mereka sangat menyukai kartun dan gambar warna-warni. Dari sini mereka mulai mengasah daya imajinasi dan kreasi, juga mengenal lingkungannya.

Maka, jika di usia ini, orang dewasa memaksa mereka untuk mencerna tipologi huruf alias membaca kata/kalimat, dengan warna yang homogen pula (biasanya hitam), bahkan full text, kecil-kecil, dan tak menarik, itu artinya sama saja dengan membunuh kemampuan atau semangat mereka untuk belajar.

Walhasil, anak-anak mendapatkan satu hal, bahwa membaca adalah pekerjaan yang tak menyenangkan dan membosankan. Inilah awal buruknya raport indeks membaca orang Indonesia.

2 comments on “Gila Baca Sejak Dini

  1. mengenalkan budaya harus dimulai dengan contoh. Jadi sebelum kita “memaksa” anak untuk menyukai buku, terlebih dulu kita sebagai orang tua harus menjadi “pecinta buku”.

  2. Untuk membuat anak cinta buku, salah satu caranya adalah memberi kemudahan buat anak untuk mendapatkannya, disamping juga membuat formulasi buku yang menarik buat anak.
    Salah satu contohnya di Jerman ini, perpustakaan kota selalu menyediakan satu bagiannya buat anak-anak dengan tatanan ruangan yang sangat nyaman dan menyenangkan buat anak. Juga disertai dengan mainan yang membuat anak betah berlama-lama berada didalamnya.
    Ditambah lagi dengan buku2/CD/kaset/DVD yang sangat menarik penuh dengan keindahan warna dan gambarnya…
    Terkadang saya sering membandingkan dengan negeri tercinta saya, terutama kampung halaman saya, dimana saya dulu ketika masih kanak-kanak tidak bisa mendapatkan kesempatan tersebut…
    Ala kulli hal…saya berharap semoga kondisi sekarang jauh lebih bagus dari yang pernah ada dalam benak saya.

    Jika anak menyukai buku…maka itu akan selalu terbawa sampai dia menjadi dewasa bahkan senja. Dan dengan membaca kita ana banyak mendapat informasi…Dan siapa yang menguasai informasi, dia akan menjadi penguasa dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s