Belajar dari Bunga Bangkai

Bunga Bangkai di Sekolah Alam

Melatih kultur berpikir ilmiah, itulah salah satu tujuan diselenggarakannya pendidikan di sekolah.

Maka, saat di dekat sekolah, ditemukan sebuah bunga raksasa, mirip dengan bunga bangkai, anak-anak tak melewatkan kesempatan emas itu untuk mengamatinya. Bak pengamat ahli, mereka saling berdebat, bunga apa itu kira-kira, apa makanannya, kenapa bisa sampai begitu besar, dan sebagainya.

Saat semangat ingin tahunya tinggi itulah, guru dapat memnafaatkannya untuk menanamkan nilai-nilai. Selain menjelaskannnya dari sudut sains, guru dapat menumbuhkan karakter gemar melindungi lingkungan pada anak-anak, juga mengukuhkan kebesaran Allah sebagai pencipta.

Cara ini, sungguh lebih efektif menumbuhkan ilmu yang berbuah amal, ketimbang sekedar doktrinasi melalui teks yang sifatnya ‘sekedar tahu’.

13 comments on “Belajar dari Bunga Bangkai

  1. Wah mirip bunga bangkai beneran yah! Tapi disini tidak dijelaskan selanjutnya seputar bunga tersebut. Apakah warna dan baunya sama dengan bunga bangkai yang lainnya ??.

  2. Pada saat banyak bunga ini tumbuh di kawasan sigar bencah, banyak orang yang berjualan bunga ini. memang bagus sih ketika di pasang di pot dan di taruh di teras rumah. tapi setelah bunga ini tumbuh besar, bunga ini menjadi biasa dan umum seperti banyak yang terdapat di kebun-kebun liar. ternyata bukan bunga bangkai seperti yang ada di Sumatra. Begitu…..

  3. awak ne yang tau pasti bunga bangkai pasti bau yaaaaaaaaaaaaaaaaaaa soal makan seranga kannnnnnnnnnn!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  4. WAH BAGUS SEKALI, GURU PADA ZAMAN INI DITUNTUT PANDAI MENERAP SESUATU METODE DAN STRATEGI JUGA MEDIA PEMBELAJARAN DEMI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. SANGAT KEBETULAN SEKALI, SABTU, 7 NOP 09 DI LINGKUNGAN MADRASAH NURUL HUDA DS. SAMONG, ULUJAMI, PEMALANG. JATENG. JUGA TUMBUH SATU BUNGA BANGKAI JENIS aMORPHOPALLUS TITANIUM, DAN SECARA SIGAP KITA MEMCARI BERBAGAI ARTIKEL TTG BUNGA BANGKAI TUK KAMI ( DEWAN ASAATISZ) KEMBANGKAN SEBAGAI MATERI TAMBAHAN PARA SANTRI YANG SESUAI DENGAN GEKJALA ALAM TERSEBUT. TERUS BERJUANG PARA GURU, MASA DEPAN NAK BANGSA ADA DITANGANA KITA…….BRAVO GURU DUNIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s