Melepas Mereka ke Sekolah Menegah

Murid Kelas VI

Perpisahan selalu  mengiringi perjumpaan.Tahun ini (2006), tepatnya nanti hari Minggu (25/6/2006) adalah tahun pertama sekolah alam meluluskan siswanya dari jenjang sekolah dasar. Itu artinya, kami, para guru dan juga adik-adik kelasnya bakal nggak melihat sosok-sosk kakak kelas VI, yang kreatif-kreatif itu.

Tiba-tiba sebuah pertanyaan besar menghadang. Siapkah mereka menghadapi atmosfer belajar yang jauh berbeda kelak di sekolah lanjutan, terlebih bagi mereka yang tak lagi melanjutkan sekolah lanjutan di lingkungan sekolah alam.

Ya, 'penyakit pendidikan' itu serasa besar menghadang di depan mata : 1. Too Much Teacher Talk, 2. Nggak boleh banyak gerak (mereka bilangnya gaduh), 3. Soal dan soal oriented (sekolah jadi kayak lembaga bimbel), 4. dan yang paling berat, meng-homogen-kan seluruh bakat dan kemampuan para siswa.

Kami, memang agak sedikit khawatir, bukan karena takut mereka nggak dapet ranking kelak, tapi takut kecerdasan  unik mereka menjadi sirna karena tolok ukur kecerdasan yang 'kuno' (yang melihat cerdas = bisa dapat nilai tinggi saat ngerjain soal, soal yang 'sepihak' dominan logic-math dan linguistik atawa sekedar kognisi itu).

Betapa banyak anak di negeri ini, yang jago ngerjain soal, tapi begitu lulus sekolah, ketergantungan terhadap orang tuanya masih sangat tinggi alias kemandirian diri yang minim, nggak tahan banting, cengeng, miskin inisiatif, waktunya dihabiskan buat bersenang-senang, dan nggak peka sama lingkungan.
Rabbi…
Mudahkan jalan mereka,
kuatkanlah mereka,
jadikanlah mereka selalu
anak yang bisa dibanggakan agamanya, bangsanya, dan …para gurunya.

One comment on “Melepas Mereka ke Sekolah Menegah

  1. Assalamualaikum

    Selamat buat SA Semarang …
    Buat adik-2 yang akan lulus saya ucapkan selamat ..”keep your head up … and face the world …”

    Wassalam
    Ari Pramono
    Ortu SA Ciganjur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s