Setiap Anak Adalah Cerdas

Boy Rifa’i Griyo Kulo ke Sekolah Alam Ar-Ridho

 “Assalamu’alaikum… sepertinya saya kok familiar dengan wajah bapak. Bapak dari Griyo Kulo ?” tanya seorang guru dengan hangat saat melihat sesosok laki-laki paruh baya berdiri di depan akuarium dekat kantor.

“O, iya… betul” jawabnya sambil tersenyum, sembari mengulurkan tangannya untuk berjabat tangan

“subhanallah… selamat datang di Sekolah Alam Ar-Ridho, pak…” jawab guru itu lagi.

 

Dialog akrab itu kemudian menjadi pembuka perbincangan panjang lebar tentang Sekolah Alam. Ya… bapak dari Griyo Kulo itu adalah Boy Rifa’i, penggagas Sekolah Alam Griyo Kulo di Tawangmangu Surakarta. Dan sang guru mengenalinya sebab profil dan kegiatan Sekolah Alam informal itu secara rutin ditayangkan di CakraTV, sebuah TV Lokal di Semarang.

Di saung dekat greenhouse, Pak Boy dan ketiga rekannya kemudian berdiskusi dengan Ust. Nurul. Dialog dua pemikir sekolah alam, yang satu formal dan yang satu lagi informal, menjadi momen menarik bagi sang guru. Meski memiliki perbedaan di sana-sini, tetapi sang guru mampu menangkap adanya kesamaan karakter ‘ruh mendidik’ diantara keduanya. Yaitu sama-sama mengapresiasi tinggi kefitrahan anak-anak.

Pak Boy kemudian sempat pula menyaksikan tayangan Profil sekolah Alam Ar-Ridho dalam bentuk VCD yang diputar di Lab. Komputer. Nampaknya ketertarikan beliau terhadap karya audiovisual atau sinematografi sekolah cukup tinggi. Inilah pula pesan utama beliau kepada Sekolah Alam Ar-Ridho, agar selalu mendokumentasikan kegiatan dan pembelajaran dalam bentuk apa saja termasuk bentuk audiovisual.

Berlatar belakang aktivitas seni dan sutradara, juga resource komunitas sinematografi yang dimilikinya, agaknya menjadi wajar jika Pak Boy kemudian menawarkan bantuan kepada Sekolah Alam Ar-Ridho untuk membantu mempublikasikan sekolah melalui media TV khususnya dengan alat bantu karya audiovisual. Penawaran tulus itu kemudian dijawab Ust. Nurul dengan jujur pula, bahwa kemampuan audiovisual sekolah masih sangat kecil dan amatir. Namun menurut Pak Boy dan rekan-rekannya, hardware yang dimiliki sekolah saat ini (handycam, computer, lcd proyektor, lingkungan) sudah cukup baik untuk terus menelurkan karya audiovisual, selama itu ditekuni atau diuleti.

Ke-khas-an pendidik berbasis alam pada diri Pak Boy Rifa’i nampak telah menyatu dalam urat nafasnya. Beliau sempat menarik beberapa murid untuk berbicang-bincang dengannya. Dengan hafidz (kelas 4), beliau mampu menjadikan lumpia dan padi sebagai alat untuk menanamkan nilai penghargaan terhadap makanan dan budaya lokal hingga kecintaan terhadap bahasa Indonesia. Dengan Lia (kelas 5), beliau sempat menceritakan prinsip seorang dokter yang tak boleh lupa dengan hal detail, saat Lia mengungkapkan bahwa ia ingin menjadi dokter kelak. Juga dengan Azil (kelas 5) agar selalu pandai mencari inspirasi dari sekitarnya jika ingin menjadi penulis seperti yang Azil cita-citakan.

Di penghujung perjumpaan, sang guru kemudian mengantar Pak Boy hingga ke gerbang. Sebuah undangan untuk berkunjung ke Griyo Kulo Tawangmangu sekali lagi terlontar dari mulut Pak Boy, yang kemudian dijawab dengan antusias oleh sang guru bahwa niatan untuk berkunjung ke sana jauh sudah ada sebelumnya. Juga, bahwa adalah suatu kehormatan besar bagi Sekolah Alam Ar-Ridho kedatangan ‘sosok besar’ pendidikan anak in natural way (fitrah) seperti dirinya.

Sang guru belajar banyak dari tamu asal Griyo Kulo itu. Khususnya soal kesederhanaan dan kerendahan hatinya. Kerendahan hati itu terwujud dari kedatangannya yang tiba-tiba, meski tentu saja jadwal menerima tamu di Griyo Kulo sendiri padat. Menyempatkan diri datang ke Sekolah Alam Ar-Ridho di sela-sela kesibukannya sekedar untuk bersilahturahmi, adalah hal yang luar biasa. Mendahului bersilahturahmi, setara dengan mendahului mengulurkan tangan saat bersalaman…ah, lebih banyak kemuliaannya kata Rasul, daripada mereka yang disilahturahimi atau disalami…

( Nampak dalam foto, Ust. Nurul, disebelah kiri, sedang berbincang dengan Pak Boy Rifa’i, yang mengenakan kemeja putih, di saung sekolah alam)

About these ads

Comments on: "Tamu dari Sekolah Alam Griyo Kulo Solo" (17)

  1. Abdul Hakim said:

    ingin tahu lebih banyak tentang sekolah alam, dapetnya dimana ya???

  2. bisa diceritakan atau digambarkan mengenai bagaimana sekolah merancang atau membuat sebuah perencaan stategis untuk memajukan sekolah alam yang bapak pimpin ?

  3. Akmaluddin said:

    assalamu alaikum wr wb

    saya dan teman-teman dari makassar berniat melakukan kunjungan ke sekolah ini, tapi jadwal dan caranya gimana yah?????

  4. mas akmal nun jauh di negeri seberang…
    dengan senang hati kita akan menerimanya.

    untuk kunjungan yang lebih terencana, kirim saja surat ke alamat sekolah yang ada di blog ini, isinya kira-kira memuat ada berapa orang yang datang, titik fokus hal yang ingin diketahui, dan hal lain yang menurut anda harus kami persiapkan dulu di sini…
    atau bisa juga suratnya dikirim via email aja, alamat emailnya juga ada di email ini.
    trims.

  5. saya mau nanya, bisa minta daftar alamat dan nama sekolah alam di daerah surakarta nga ?

  6. seingat kami, dulu ada sebuah TKIT yang studi banding untuk menjajaki kemungkinan penerapan sekolah alam di Surakarta. Namun, sampai sekarang belum terdengar lagi atau belum terkontak lagi bgaimana perkembangan terakhirnya.

    jadi, kami belum kontak dengan sekolah alam formal dari surakarta, sebagai tanda keberadaannya. Yang ada di jogjakarta.

  7. Assalamu ‘alaikum. . .saya berencana mau pindah ke solo,bisa bantu saya untuk data sekolah dasar percontohan/ sdit/sekolah islam lainnya? dtggu infonya,tq.

  8. mau tahu no.telp. griyo kulo berapa ya?

  9. boleh berkunjung kesekolah ar-ridho
    saya dari mahasiswa sanatha dharma.
    saya tertarik dengan pembelajaran di alam

  10. untuk mas abdillah, dan juga rekan yang lain yang ingin mengetahui no. telp Sekolah Alam Griyokulo, Griyo Kulo sepanjang yang kami ketahui memang belum atau sengaja tidak menyambung telpon fixline. Namun personelnya dapat dihubungi melalui telepon genggam, diantaranya Mas Hendi : 0813 9320 3030

  11. mbak yustina,
    datang aja kapan-kapan, kita selalu terbuka kok.
    mungkin habis lebaran kali ya…
    di jogja, ada juga kok sekolah alam..udah berkunjung ke sana ?

  12. Bagaimana sy bisa mendapatkan info ttng Griyo Kulo…?
    Alamat, No tlp atau email..?

    Tks
    ary
    0274 – 9101.668

  13. salam kenal
    kami salah satu provider uotbond yang ada di jawa timur tepat nya dikota malang
    tunas_adventure_organizer itulah kami
    kami menyediakan jasa untuk:
    -outbond trening management
    -menegement qoulbu
    -rafting di kasembon
    -hacking di beberapa pegunungan di sekitar jawa timur
    -dan masih banyak lagi
    fasilitas yang kami sediakan juga sangat menarik
    dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang lain bahkan dengan fasilitas yang sama terbukti kami lebih murah
    buktikan sekarang juga

    ingin bekerja sama dengan kami
    hub tezar di 081555602348
    atau email di
    tezar@pln-jawa-bali.co.id
    tunas_adventure@yahoo.com

    kami tunggu contac dari anda sekalian

    terimakasih

  14. teguh wijayanto said:

    kalau menggunakan fasilitas penginapan tarifnya berapa dan makannya bagaimana

  15. Salam kenal sbelumny,
    saya kbetulan lg ttarik dgn skolah alam,tp saya menemui kesulitan tuk mendapatkanny,bs minta info skolah alam yg ada d jawa timur,sekitar kediri khususny,
    trimakasih sblm n sesudany

  16. bagaimana konsep sekolah alam itu sendiri? apa bedanya dengan SDIT, MADRASAH/SD lainnya?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: